Home > News > Press Release PP Perbasi: FIBA Tetapkan Jawato Sebagai Pemain Lokal, Keuntungan Bagi Timnas Elite Senior

Press Release PP Perbasi: FIBA Tetapkan Jawato Sebagai Pemain Lokal, Keuntungan Bagi Timnas Elite Senior

JAKARTA – PP PERBASI – Timnas Basket Indonesia memperoleh kabar gembira secara beruntun dalam beberapa hari belakangan ini. Setelah Lester Prosper dan Brandon Jawato memperoleh kewarganegaraan Indonesia beserta paspor dan dokumen legal yang terkait, hari ini (16/11) FIBA mengirimkan kabar gembira terbaru mengenai status Brandon Jawato dalam Timnas Basket Indonesia di kompetisi FIBA.

FIBA, melalui surat yang ditanda-tangani oleh Sekjen-nya Andreas Zagklis, menetapkan bahwa Brandon van Dorn Jawato bisa memperkuat Timnas Basket Indonesia “without restriction”. Merujuk pada regulasi FIBA kategori ini berarti Brandon bukan dianggap sebagai pemain naturalisasi yang memiliki “restriction”.

Dengan keputusan resmi FIBA ini maka Brandon Jawato akan berstatus sebagai pemain lokal Indonesia pada pergelaran Window 2 kualifikasi FIBA Asia Cup 2021 mulai 23 November nanti di Manama, Bahrain.

“Akhirnya Brandon oleh FIBA dianggap sebagai pemain lokal. Ini sangat menguntungkan kita,” ucap manajer Timnas, Fareza Tamrela, Senin malam. “Jadi, keduanya bisa ditampilkan bersaman di Bahrain nanti,” ucap Mocha, sapaan akrab Fareza.

Dalam suratnya, FIBA mempertimbangkan beberapa faktor yang mendasari keputusannya tersebut, diantaranya adalah adanya darah Indonesia dari ayah Brandon dan partisipasi Brandon di kompetisi basket di tanah air serta durasi tinggal di Indonesia yang dinilai telah cukup lama (dari tahun 2015).

“Terimakasih kepada Perbasi yang ikut berjuang dalam hal ini. Kita juga berterima kasih kepada FIBA dengan keputusan itu. FIBA ternyata juga mengerti permasalahan Brandon,” ucap Mocha. “FIBA juga memberikan dukungan kepada Indonesia.”

Mengenai kehadiran Brandon, ia akan memberikan pengaruh positif kepada Timnas Indonesia. “Brandon akan memberikan dampak besar bagi Indonesia. Kami sudah siap berlaga di Bahrain. Kami menyiapkan semuanya. Secara sistem dan strategi permainan kami siap,” ucap Mocha lagi.

Indonesia berada satu grup dengan Korsel, Filipina, dan Thailand.

/eko
#perbasi #everforward
#TimnasBasket
#BawaBangga #brandonjawato

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments