Home > News > Press Release: Komisi III DPR RI Setujui Permohonan Kewarganegaran Pebasket

Press Release: Komisi III DPR RI Setujui Permohonan Kewarganegaran Pebasket

JAKARTA – PP Perbasi – Rapat Kerja Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dengan Menteri Hukum dan HAM RI Yasonna Laoly dan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali berlangsung Senin, 5 Oktober 2020 secara virtual. Rapat digelar pukul 14.00 WIB dengan agenda pembahasan persetujuan terhadap permohonan pertimbangan pemberian kewarganegaraan Republik Indonesia. Dalam rapat ini dihadiri pula oleh Ketua PP Perbasi Danny Kosasih, Manajer Timnas Basket Putra M. Fareza Tamrella dan Manajer Timnas Basket Putri Christopher Tanuwidjaja serta para pemain basket yang mengajukan permohonan naturalisasi.

Pertimbangan permohonan kewarganegaraan diajukan Brandon Van Dorn Jawato, Lester Proper, dan Kimberly Pierre Louis dari cabang bola basket serta Marc Anthony Klok dari cabang sepakbola. Permohonan ini sudah diajukan oleh masing-masing Pimpinan Cabang Olahraga sejak pertengahan tahun 2019.

Komisi III DPR RI adalah komisi dengan lingkup tugas di bidang hukum, hak asasi manusia dan keamanan. Komisi III hari ini menyetujui untuk memberikan rekomendasi bagi naturalisasi para pemain tersebut. Langkah berikutnya adalah membawa rekomendasi tersebut ke pembahasan berikutnya dengan Komisi X DPR RI yang merupakan mitra Kemenpora karena lingkup tugasnya adalah bidang pendidikan, olahraga dan sejarah.

Setelah selesai di Komisi III dan Komisi X, maka rekomendasi tersebut akan dibawa pada Sidang Paripurna DPR. Apabila rekomendasi diterima maka kemudian Pimpinan DPR RI akan mengirimkan surat kepada Presiden Republik Indonesia sebagai jawaban atas adanya surat dari Presiden Republik Indonesia kepada Pimpinan DPR RI dalam hal terkait. Diharapkan setelah itu, terbitlah Keputusan Presiden dan dilanjutkan dengan pengambilan sumpah sebagai WNI di Kanwil Kemkumham yang ditunjuk. Sejak selesainya pengambilan sumpah tersebut maka status WNI resmi disandang oleh para pemain naturalisasi ini.

Keputusan itu disambut gembira oleh Ketua Umum PP Perbasi, Danny Kosasih. “Tadi berlangsung cukup cepat, karena semua fraksi mendukung. Saya senang dengan hasil rapat kerja ini,” ucap Danny Kosasih. “Semoga mereka bisa memberikan yang terbaik untuk Indonesia.”

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments