Home > Artikel > Gelembung Restart

Gelembung Restart

KOMPETISI sepak bola ternama di Eropa sudah satu per satu berhenti karena usai edar. Bayern Muenchen menjadi yang terdepan kampiun Bundesliga Jerman mengungguli Dortmund. Liga Inggris resmi berakhir semalam dengan Liverpool menjadi kampiun dengan marjin lebih dari 15 angka atas peringkat kedua sekaligus juara bertahan Man City. Pembalasan dendam sempurna dari The Reds.

Di La Liga, Real Madrid jadi juara di atas Barcelona. Ligue 1, menempatkan Paris Saint Germain jadi terbaik. Makin membaiknya perkembangan kesehatan masyarakat pasca pandemi Covid-19 juga membuat NBA membuka keran kompetisi.

NBA menamai kompetisi dengan 2019-20 Restart. Tempat yang dipilih adalah ESPN Wide World of Sports Complex at Walt Disney World Resort in Florida. Dengan alasan keamanan, NBA melakukan sentralisasi dan penjagaan ekstra ketat, pertama dalam sejarah sejak berdiri.

NBA sangat ketat mengadakan Restart. Dalam informasi situs ofisial Mediacentral, protokol ketat tanpa terkecuali. Marc Stein, wartawan New York Times menjelaskan 48 jam pertamanya di karantina di Walt Disney World.

“Kelegaan bagi saya ketika bunyi ketukan pintu cokelat tebal kamar hotel lantai satu di Walt Disney World akhirnya datang Minggu malam lalu sebelum pukul 10 malam. Itu adalah ketukan semua bisnis yang saya tunggu-tunggu. Tiga nakes (tenaga kesehatan) dari Laboratorium BioReference mengenakan mantel putih dan pelindung wajah. Mereka disertai oleh seorang NBA. Representative untuk melakukan tes coronavirus pertama saya,” demikian kisah Stein di koran New
York Times, dua minggu lalu.

Menurut aturan Restart di setiap sudut NBA Disney World, tidak ada yang diizinkan tanpa surat bebas Covid-19, dalam ruang kamar seluas 314 ft persegi sekitar 29 meter persegi sekalipun!

“Kurang dari satu menit saya mendapatkan pemeriksaan.” Stein mengambil tes coronavirus kedua Senin malam, hampir 24 jam kemudian. “Bahkan sebelum saya mendapatkan hasil yang dikonfirmasi dari yang pertama. Namun tujuan adalah saya membutuhkan hasil negatif selama seminggu dari tes harian itu. Saya memerlukan hasil negatif agar mendapatkan entri penuh ke dalam area pertandingan apa yang semua orang NBA gelembung (NBA Buble).”

Pejabat liga, Komisioner Adam Silver mengakui bahwa itu lebih baik istilahnya dengan ‘kampus’ daripada NBA Bubble. Menurut Silver ia lebih suka digambarkan sebagai kampus karena sebab areanya tidak “tertutup rapat.”

Ketat di Arena

USAI melakukan prosedur itu, hanya dua reporter yang sepenuhnya berada di area. Semua diizinkan melihat-lihat, namun menurut Stein pembatasan akses untuk wartawan akan menjadi yang paling berat dalam sejarah liga.

NBA percaya bahwa pendekatan yang tepat dan paling sulit dilakukan dalam sejarah liga. Saking ketatnya, membuatnya sulit untuk mengatakan berapa banyak gelembung yang benar-benar dapat dilihat. Wartawan hanya boleh memasuki tiga tempat setelah karantina: area pertandingan, tempat latihan, dan hotel yang ditunjuk untuk media.

Ada tiga hotel yang menampung 22 tim peserta dan hotel itu tertutup. “Pembaca, selama berminggu-minggu saya telah menyuarakan keprihatinan tentang bahaya dari NBA Restart. Restart ada akibat virus Corona-19 serta risiko cedera jaringan lunak. Kekhawatiran itu belum hilang setelah mendengar bahwa kompetisi lanjutan digelar di Florida. Florida mencapai rekor nasional 15.300 ketika saya tiba? NBA sudah hampir 30 tahun saya ikuti. Momen itu terlalu besar, terlalu bersejarah, dan terlalu berbeda untuk dijauhi.”

Simak komentar bagus dari Tommy Sheppard general manager Washington Wizards., “Ini akan menjadi kesempatan yang sangat unik untuk mengamati kondisi manusia,” kata Sheppard.

Stein mengaku, adanya kampus NBA membuatnya lebih dekat dengan 20 wartawan lain. NBA memberi kuota ada dari media top NBA seperti The Associated Press, The Athletic, The Boston Globe, The Dallas Morning News, The Los Angeles Times, Southern California News Group, Sports Illustrated, USA Today, The Washington Post, dan The New York Times. Sejumlah wartawan mitra media resmi NBA, ESPN dan Turner, juga diharapkan menyelesaikan karantina sebelum Restart dimulai awal Agustus 2020 (7 Agustus).

Toko dan gerai-gerai itu akan mendapatkan tamu yang dari mereka yang  menikmati lompatan setelah 12-13 hari karantina.

Banyak Kecanggungan

STEIN sempat bertukar informasi tentang betapa dahsyatnya dampak virus Corona-19. Stein mengaku kehilangan orientasi (disorientasi) saat di bandara Dallas-Forth Worth, yang merupakan penerbangan pertamanya lagi sejak 13 Maret.

Ketegangan muncul di mana-mana. Pembatasan jarak harus dilakukan, kapan harus berdiri, kapan harus berjarak di antrean hingga masuk pesawat.

Suplai makanan di area karantina adalah yang terbaik. Makanan harian yang sangat baik dibuat untuk semua orang di karantina. Layanan kamar (room service) tersedia mulai pukul 17.00 hingga 2 pagi.

“Saya sudah mengujinya dua kali. Tetapi saya belum mencoba steak strip New York atau iga sapi yang direbus yang membuat JR Smith yang baru masuk Los Angeles Lakers bersemangat.”

Stein mengaku bisa mengatasi isolasi. Setelah dikarantina seminggu, ia harus pindah kamar, artinya harus membereskan semua pakaian termasuk hanger pakaian ekstra.

“Saya tidak bisa meninggalkan kamar sampai Minggu malam, tetapi saya belum melihat adanya pengamanan di luar jendela. Meskipun demikian, saya berniat untuk mematuhi peraturan dan tetap bertahan, tidak peduli seberapa buruk situasi.”

Gelang MagicBand karet tebal, abu-abu yang berfungsi sebagai kunci kamar dihiasi dengan dua siluet ikonik: Mickey Mouse dan Jerry West, inspirasi untuk NBA logo.

“Ini mungkin terbukti sebagai suvenir Disney terbaik yang kami bawa pulang saat ini selesai – jika kami memang bisa menyimpannya.” Stein dijadwalkan berada di Florida sampai awal September, sebelum digantikan Scott Cacciola. Tentu saja, seperti yang kita semua tahu sekarang, perencanaan tahun 2020 cenderung sia-sia. Jadi terutama pada tahap-tahap awal ini,

“Bagi saya seperti halnya siapa pun, kehidupan gelembung mungkin paling baik didekati sehari-hari.”

Kabarnya, kompetisi IBL akan digelar mulai Oktober nanti. Dari situs resmi IBL, event akan digelar 13-27 Oktober di Mahaka Arena,Mahaka Square Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sama seperti NBA, IBL diskenariokan tanpa penonton.

Ada baiknya juga, mumpung NBA sudah memulai kompetisi dengan pemasanasan, persiapan mereka layak disimak. Apa yang bisa dilakukan di Indonesia dan diadaptasi untuk IBL. ***


Sumber: Media central NBA (foto untuk ilustrasi); The New York Times (foto untuk ilustrasi); ESPN; NBA League Pass

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments