PERSATUAN BOLA BASKET SELURUH INDONESIA – PERBASI

Putra UAJY dan Putri UDINUS Juarai CJYC LIMA Basket Season 2

Putra UAJY dan Putri UDINUS Juarai CJYC

Tim putra Universitas Atmajaya (UAJY) berhasil mengulang kembali kesuksesan mereka tahun lalu dengan keluar sebagai juara Kaskus Central Java DIY Conference. Di partai final yang berlangsung di GOR Universitas Islam Indonesia (UII), minggu malam (26/01),  mereka berhasil mengalahkan tuan rumah UII dengan skor ketat 65-54.

Di awal laga, UII yang bermain di hadapan ratusan pendukungnya sendiri tampil di bawah tekanan, sementara UAJY justru tampil sangat lepas dan percaya diri. Anak asuh Yulianto Andi ini menggebrak tim tuan rumah dan unggul 12-0 di lima menit pertama laga. Tertinggal cukup jauh Agi dkk berusaha membalas, mereka berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 23-26 jelang turun minum.

Di dua kuarter akhir pertandingan, Agi dkk tetap tak mampu mengejar perolehan poin UAJY, faktor kelelahan berdampak pada buruknya penyelesaian akhir mereka di bawah ring, sementara di kubu UAJY,  center mereka Rico Aditya bermain cemerlang pada pertandingan ini dengan mencetak double-double dengan 10 poin dan 20 rebound. Pencapaian tim putra UAJY semakin lengkap setelah point guard mereka Tri Nuke menyabet penghargaan sebagai MVP.

Doddy Kurniawan mengakui permainan timnya pada pertandingan puncak ini tidak maksimal, faktor kelelahan setelah menjalani pertandingan ketat selama tiga hari berturut-turut menjadi penyebabnya. “Pertandingan ketat selama tiga hari berturut-turut, terutama di babak semifinal kemaren (25/01) melawan UDINUS membuat anak-anak masih mengalami kelelahan, ditambah lagi guard kami Agi Indra yang mengalami demam benar-benar menjadi momok bagi tim,” ujar Dodi saat dihubungi usai pertandingan.

Bila final putra berlangsung  antara dua tim yang sama-sama berasal dari Yogyakarta, maka di final putri duel terjadi antara dua tim yang berasal dari regional Semarang. Tim putri Universitas Dian Nuswantoro (UDINUS) kembali bertemu musuh bebuyutan mereka Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Tim asuhan Rekardo Vicky ini berhasil menang dengan skor 45-34. Dua pemain andalan mereka Wiwit Subekti dan Ayu Shinta menjadi bintang pada pertandingam ini dengan mencetak double-double. Wiwit yang dinobatkan sebagai MVP berhasil membukukan catatan 19 poin dan 12 rebound, sementara Ayu yang juga rekan satu timnya di Sahabat Wisma Sehati memberikan sumbangan 13 poin dan 20 rebound.

Selain UAJY dan UII, tiga lainnya yakni UDINUS, UNY dan UKSW di tim putra berhak melaju ke babak Grand Final. Sementara di grup putri, hanya empat tim yang akan berangkat ke babak Grand Final yakni UDINUS, UNNES, UNS dan UAJY.

Source from ligamahasiswa.co.id