PERSATUAN BOLA BASKET SELURUH INDONESIA – PERBASI

Press Release Bolabasket LIMA Liga Mahasiswa (LIMA)

Olahraga dapat menjadi media yang meningkatkan kecintaan terhadap bangsa dan negara. Liga Mahasiswa (LIMA) akan memainkan peran penting dalam pembinaan atlet-atlet yang berkualitas di Indonesia dengan tujuan dapat membangkitkan prestasi olahraga Indonesia.

LIMA menerapkan secara penuh konsep student-athlete¬¬, yang menekankan bahwa semua atlet yang berkompetisi adalah mahasiswa dari perguruan tinggi yang mereka wakili. Bukan hanya itu, para atlet yang bertanding juga harus menunjukkan performa yang baik di bidang akademik agar dapat bertanding di LIMA karena LIMA memberikan batas IPK minumum 2,0. LIMA sepenuhnya percaya bahwa smarter athletes make better athletes, atau atlet yang lebih pintar akan menjadi atlet lebih baik.

Cabang olahraga yang akan ditandingkan di LIMA juga bervariasi. Hingga saat ini, tiga bulan sejak didirikannya LIMA, cabang olahraga yang sudah direncanakan untuk dipertandingkan meliputi Bolabasket, Bulutangkis, Renang, dan Golf di tahun pertamanya.

Perjalanan LIMA dalam membina para student-athlete akan dimulai dari cabang olahraga Bolabasket, yang kompetisinya akan dimulai pada bulan Oktober 2012. Pertandingan akan dilangsungkan di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan juga melibatkan tim-tim di luar pulau jawa yang akan bertanding di Jabodetabek.

Sistem pertandingan yang digunakan adalah sistem conference pada babak penyisihan, di mana terdapat 5 conference yakni, Sosro Greater Jakarta Conference, Blibli.com West Java Conference, Kaskus Central Java-DIY Conference, East Java Conference, dan Nusantara Conference.

Kompetisi bolabasket LIMA akan dimulai dari West Java Conference di Bandung, pada tanggal 19 Oktober 2012 di GOR C-tra Arena.

Jumlah tim peserta cabang bolabasket LIMA adalah 78 tim dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia, yang terdiri dari 41 tim putra dan 37 tim putri.

Greater Jakarta Conference : 10 tim putra dan 10 tim putri
West Java Conference : 10 tim putra dan 10 tim putri
Central Java-DIY : 12 tim putra dan 10 tim putri
East Java Conference : 9 tim putra dan 6 tim putri.
Sedangkan pendaftaran untuk Nusantara Conference masih dibuka sampai akhir Desember 2012.

LIMA cabang Bolabasket akan melibatkan lebih dari 900 student-athletes. Adanya kompetisi ini yang dapat mengasah kemampuan bermain 900 pebasket ini jelas akan meningkatkan level permainan para atlet Bolabasket di Indonesia dan bisa dijadikan talent pool bagi perbolabasketan di tanah air.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai LIMA, Anda dapat mengakses situs resmi LIMA di www.ligamahasiswa.co.id atau akun Twitter resmi LIMA di @ligamahasiswa.